Thursday, December 10, 2015

Lingkaran dan bagian-bagiannya



A.      PENGERTIAN LINGKARAN
Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti bisa melihat benda-benda yang permukaannya berbentuk lingkaran, contohnya : uang logam, keping kaset CD, jam dinding dan masih banyak lagi. Lha, pertanyaannya, apa sich itu lingkaran???

 
     
Lingkaran adalah kurva tertutup sederhana yang merupakan kedudukan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu.

B.       BAGIAN-BAGIAN LINGKARAN
Perhatikan gambar!!
Dari gambar tersebut, kita dapat lebih memahami apa saja unsur-unsur dari bangun lingkaran.
1.      Titik O merupakan titik pusat lingkaran
2.      Garis OA disebut dengan jari-jari lingkaran atau radius (r), yaitu ruas garis yang menghubungkan pusat lingkaran dan titik pada keliling lingkaran. Coba sebutkan jari-jari lingkaran ynag lain pada gambar!
3.      Garis AB disebut garis tengah atau diameter (d), yaitu garis yang menghubungkan 2 titik pada keliling lingkaran dan melalui pusat lingkaran. Karena panjang AB = AO + OB, dimana AO dan OB merupakan jari-jari lingkaran, maka diameter (d) = 2 x Jari-jari (r), d = 2r
4.      Garis AC disebut tali busur, yaitu garis yang menghubungkan 2 titik pada keliling lingkaran. Sebutkan tali busur lain yang ada pada gambar!
Jika garis yang menghubungkan 2 titik pada keliling lingkaran disebut tali busur, apakah diameter dapat disebut dengan tali busur??
5.      Garis OF tegak lurus dengan tali busur AC disebut apotema, yaitu garis terpendek yang tegak lurus dengan tali busur dan melalui titik pusat
6.      Garis lengkung AC disebut dengan busur lingkaran, yaitu garis lengkung yang merupakan bagian dari keliling lingkaran. Coba sebutkan busur yang lain!
Busur dibagi 2 yaitu : busur kecil (busur yang panjangnya kurang dari ½ keliling lingkaran) dan busur besar (busur yang panjangnya lebih dari ½ keliling lingkaran)
7.      Juring merupakan daerah yang dibatasi oleh 2 jari-jari dan sebuah busur, contohnya daerah BOC. Ayo coba sebutkan juring yang lainnya!
8.      Tembereng merupakan daerah yang dibatasi tali busur dan busur, contohnya daerah yang dibatasi tali busur dan busur AC. Temukan daerah tembereng yang lain pada gambar!

No comments: