Wednesday, September 9, 2015

Sistem Koordinat Kartesius (Part 2)


Klo tadi kita membahas tentang dasar sistem koordinat kartesius yang biasanya diajarkan pada jenjang sekolah dasar, kali ne kita akan belajar tentang sistem koordinat kartesius pada jenjang berikutnya. Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kita sedikit tahu tentang tokoh yang berperan penting mengenalkan Sistem Koordinat Kartesius






Tokoh di atas merupakan seorang filsuf dan matematikawan Perancis. Beliau menyumbangkan penemuannya tentang geometri analisis yang akhirnya lebih akrab disebut dengan "Sistem Koordinat Kartesius", yang mempengaruhi perkembangan kalkulus modern dan menyediakan jalan untuk Newton menemukan kalkulus.

Memahami Posisi Titik Terhadap Sumbu X dan Sumbu Y

Pada postingan sebelumnya, kita dapat lihat soal-soal tentang posisi titik pada bidang koordinat. Perhatikan!!! (Materi ne bakalan kalian temukan pada pelajaran Matematika K-2013 kelas VIII)




Pada gambar di atas, titik H terletak pada koordinat (6,4). Artinya : titik H berjarak 4 satuan terhadap sumbu-x dan berjarak 6 satuan terhadap sumbu-y.

Nah!! Sekarang coba tentukan jarak titik-titik yang lain terhadap sumbu-x dan sumbu-y!!!


Sedikit Informasi... ^_^
Sumbu-x dan Sumbu-y membagi bidang koordinat menjadi 4 kuadran, yaitu :
1. Kuadran I : Koordinat x dan y positif
2. Kuadran II : Koordinat x negatif, koordinat y positif
3. Kuadran III : Koordinat x dan y negatif
4. Kuadran IV : Koordinat x positif, koordinat y negatif

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjW5Kc4G7qG2y8C0U3AjuLYXyddTPF67hqHZlw-lEzy4504lrp5kwOS8t6jVdxwkhRpk-oRhG2rLg3JW5XB1BH5c4M7C2E0YnPRkT18ODM-jz59W2d-_0y3Fl2ragPuGyCUS1TNiUq4UEIL/s1600/Kuadran.jpg

Memahami posisi titik terhadap titik tertentu (a,b)

Setelah kalian benar-benar paham dalam menentukan koordinat sebuah titik dan jaraknya terhadap sumbu x dan sumbu y, sekarang mari belajar bersama bagaimana posisi titik tersebut terhadap titik tertentu. Perhatikan contoh soal yang tetap sama dengan soal yang sebelumnya!!!

  1. Dari gambar diatas, tentukan koordinat titik H, I, K, M, O! 
  2. Tentukan koordinat titik I, K, M, O terhadap titik H!
Jawab :
  1. Dari gambar, dapat diketahui bahwa koordinat titik H(6,4), I(-8,5), K(-6,-4), M(5,-4) dan O(2,1)
  2. Untuk menentukan koordinat titik I, K, M dan O terhadap titik H, buatlah sumbu x dan sumbu y dengan titik H(6,4) sebagai titik O(0,0). Perhatikan gambar di bawah ini!

Tentukan koordinat titik I, K M dan O dengan sumbu x dan sumbu y yang baru. Koordinat titik I, K, M dan O terhadap H adalah :
Koordinat titik I (-14, 1)
Koordinat titik K (-12, ....)
Koordinat titik M (...., -8)
Koordinat titik O (-4,-3)

Sekarang, coba kalian tentukan koordinat titik yang lainnya terhadap titik H..
Semoga sukses yach mencobanya!! Semangatttttt selalu!!!

No comments: